Minggu, 05 Juni 2011

Tombol F1

Pernah tidak merasa hidup itu begitu 'complicated'. Saking rumitnya tak tahu pasti apa yang mesti dilakukan. Bingung. Seolah semua serba menuju ke titik buntu. Kalau sudah begini, kadang berpikir, bagaimana seandainya dalam hidup ini ada tombol F1 seperti dalam komputer. Kamu hanya tinggal memencet tombol itu di keyboard, lalu muncul serentetan perintah yang memberimu cara menyelesaikan masalah selangkah demi selangkah. Kamu tinggal mengikutinya. Dan selesai. Masalahpun terpecahkan.

Hidup memang tak se-simple itu. Masalah ada bukannya tanpa alasan. Aku selalu merasa bahwa setiap masalah yang muncul sekarang dan kehidupan kita di masa mendatang memiliki benang merah. Saling berhubungan. Masalah di atur sedemikian rupa agar kita menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik lagi. Lebih tangguh. Lebih kuat. Lebih tegar. Lebih bijak. Masalah menjadi semacam cara-Nya memberi sayap untuk kita agar mampu terbang lebih kuat lagi dalam medan kehidupan apapun juga. Semakin sulit masalah, semakin kita butuh tenaga dan pikiran untuk menyelesaikannya, maka semakin kita tertempa menjadi pribadi yang lebih unggul di kemudian hari. Bagaimanapun juga Yang Maha Kuasa telah mengaruniai kita akal pikiran. Dengan kata lain sebenarnya setiap masalah selalu ada jalan keluarnya asalkan kita mau berpikir.

Meski begitu, tombol F1 tetap bisa kita gunakan. Mungkin tak seperti dalam komputer yang hanya tinggal pencet. Tapi dengan berdoa. Itulah tombol F1 yang kita miliki dalam hidup ini. Doa selalu memberi kekuatan tersendiri dalam setiap masalah yang kita hadapi. Semua Dia yang mengatur, juga masalah yang kita hadapi, lalu mengapa kita tidak memohon pertolongan-Nya. Memohon petunjuk untuk jalan keluar yang terbaik dari-Nya. Setelah segala usaha yang kita lakukan doa adalah penguatnya. Tak ada yang tak mungkin bagi-Nya. So, jangan ragu menggunakan tombol F1 milikmu. Berdoa. Untuk apapun masalah yang mungkin tengah membelitmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar